Pemkab Tambrauw dan Kejaksaan Negeri Sorong Tandatangan Kerjasama (MOU) Bidang Perdata dan TUN

Bagikan ke Media Sosial

Bertempat di lantai dua kantor Kejaksaan Negeri Sorong,dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama (MOU) antara Pemda Kabupaten Tambrauw dengan Kejaksaan Negeri Sorong bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan antara Bupati Kabupaten Tambrauw Gabriel Assem SE, MSi dan Kajari Ahmad Mudhor, SH MH.

Turut hadir dalam penandatangan perjanjian kerjasama tersebut, disaksikan oleh Sekda Kabupaten Tambrauw dan Kepala Badan Keuangan Kabupaten Tambrauw dan Kasi Datun Kejaksaan Negeri. Kajari Sorong dalam sambutannya menyambut positif penandatangan kerjasama yang dilakukan. Selain itu Kajari mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah memberikan kepercayaan kepada Kejaksaan Negeri Sorong, untuk memberikan bantuan hukum mewakili pemkab Tambrauw sebagai jaksa pengacara negara khusus dalam penanganan kasus perdata dan tata usaha negara.

” Kami terima kasih kepada Bupati dan jajarannya yang telah memberikan kepercayaan kepada Kejaksaan Negeri Sorong. Untuk menangani setiap kasus atau gugatan di bidang perdata dan tata usaha negara dengan pemkab Tambrauw,” akunya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Tambrauw Gabriel Assem SE, MSi dalam sambutannya mengatakan, perjanjian kerjasama sangat penting. Hal dikarenakan di Tambrauw kerap kali terjadi kasus perdata dan tata usaha negara. Sebagai contoh pembangunan jalan, jembatan dan bandara. Seringkali dipalang oleh masyarakat pemilik hak ulayat.

Bahkan kerap kali pemkab Tambrauw, dilaporkan ke pihak kepolisian. Melalui kesempatan ini, dari pemkab mempercayakan Kejaksaan Negeri Sorong selaku kuasa hukum dari pemkab. Selain itu kedepan, pemkab juga akan melibatkan kejaksaan negeri dalam pelaksanaan sidang TPTGR. Hal ini bertujuan memberikan efek jera kepada setiap aparatur sipil negara (ASN). Jika ada temuan pengembaloan kerugian negara. (**)