Kajari Sorong: TP4D Mendorong Pembangunan Daerah

Bagikan ke Media Sosial

Sorong: Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah (TP4D) dibentuk oleh Kejaksaan, sebagai jawaban atas ketakutan para pejabat di daerah terkait program pembangunan. Kurangnya penyerapan anggaran Pemerintah Daerah, sehingga pembangunan tidak optimal.

“Program TP4D ini sangat penting mengingat, banyak pejabat pengelolah anggaran takut melaksanakan pembangunan, karena khawatir berhadapan dengan hukum, sehingga anggaran banyak mengendap di daerah, maka pembangunan tidak berjalan,” ungkap Kajari Sorong Ahmad Mudor, Rabu (5/4/2017 ).

Dijelaskan Kajari, sosialisasi TP4D di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Sorong membawahi lima Kabupaten dan satu Kota ini belum optimal, sehingga perlu dilakukan ke instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD.

“Kami dalam waktu dekat akan sosialisasi TP4D ke instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD,” ujarnya

Mudor menambahkan, agar pembangunan berjalan dengan baik di Sorong Raya kedepan, tim Jaksa akan memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan dari awal sampai akhir terhadap pejabat pengelolah, bertujuan mencegah timbulnya penyimpangan kerugian negara.

“Dengan adanya tim pendampingan ini, para pejabat daerah tidak ragu dan takut lagi untuk menggunakan dana dari Pemerintah, karena kami ikut mengawal proses pembangunan hingga selesai”, jelasnya.