Kajari Sorong Menerima Kunjungan Bawaslu

Bagikan ke Media Sosial

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sorong yang baru saja dilantik pada 15 Agustus 2018 lalu melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus melaksanakan Undang-Undang Pemilu terkait dengan pelanggaran pemilu khususnya pelanggaran pidana sehingga untuk mengsinkronkan tugas ini maka bawaslu harus bersama institusi Kepolisian dan Kejaksaan harus bersinergi.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Kota Sorong, Elias Ijie saat ditemui media ini diruang kerjanya, Rabu (29/8).

Dikatakan Elias, dalam pertemuan itu selain pimpinan dua institusi penegak hukum ini juga dilibatkan seluruh Kapolsek se-kota Sorong.

Lanjut Elias, agenda yang menjadi pembicaraan dalam audens dengan kejaksaan dan Kepolisian adalah adanya utusan dari kedua institusi tersebut yakni dari kejaksaan sebagai penuntut dan dari kepolisian sebagai penyidik untuk bersama-sama Bawaslu Kota Sorong berada dalam Gakumdu.

“Kami melihat indikasi pelanggaran Pemilu tahun 2019 sejak tahapan awal hingga hari pelaksanaan yang rawan adalah tindak pidana. Oleh karena itu kami dalam pertemuan meminta pihak kepolisian dan kejaksaan segera merekomendasikan seorang dari masinjg masing institusi untuk bergabung dengan Bawaslu Kota Sorong dalam Gakumdu,” terang Elias.

Dikatakan Elias, secara resmi Bawaslu Kota Sorong sudah menyurati kedua institusi penegak hukum ini untuk segera merekomendasikan sdalah satu personil mereka untuk bergabung dengan Bawaslu Kota Sorong.

Menurut Elias potensi pelanggaran yang akan terjadi dalam Pemilu 2019 dikarena pelaksanaan pemilu kepala negara dan pemilu legislatif dilaksanakan bersamaan sehingga sudah pasti pelanggaran pidana itu akan tersjadi sehingga sesuai anjuran dari Bawaslu RI agart perangkat Gakumdu jauh-jauh hari sudah harus disiapkan sebelum pelaksanaan kampanye.

“Selain itu juga kata Elias, bila sudah terebentuk Gakumdu maka kita sudah dapat memetakan letak titik kerawanan tindak pelanggaran baik administratif maupun pidana dalam Pemilu 2019 di Kota Sorong,” ungkap Elias. (**)